Proses pembuatan Animasi
Untuk memenuhi tugas Softskill kali ini saya akan membahas
mengenai Proses dalam Pembuatan Animasi. Dan contoh software yang akan saya
ambil adalah BLENDER.
Saya akan memberikan 2 contoh proses pembuatan animasi
dengan Aplikasi Blender ini, yang pertama adalah contoh pembuatan karakter
sederhana dan yang kedua adalah contoh pembuatan Robot.
Di sini akan dijelaskan
perlahan cara membuat karakter 3D menggunakan software opensource Blender.
Kenapa menggunakan Blender, bukan software 3D yang lain? Karena software ini
gratis, tentunya hal ini memudahkan kalian-kalian yang hanya ingin icip-icip
sedikit belajar membuat objek 3D. Tapi walaupun gratis, software ini sama
powerfullnya dengan 3Ds Max, Maya, ataupun software lainnya. Berikut contoh
film pendek yang dibuat menggunakan software Blender.
Software ini juga
sering digunakan untuk membuat game, maupun orang non-pembuat game untuk
memodifikasi game yang sudah ada. Contohnya yaitu Boro Toro, Axe and Skate, Lucy and the Time Machine, Thump Stuff, The Sims 4, dan yang
lainnya.
Untuk yang belum punya softwarenya bisa download di situs resminya. Tapi untuk sekarang ini jauhkan dulu
pikiran membuat karakter 3D kelas hollywood, karena karakter 3D di sini
sangat-sangat sederhana.
Cara Membuat
- Langsung saja. Setelah
halaman baru blender terbuka, kita klik objek kotak kemudian tekan tombol Tab (untuk
mempelajari shorcut keyboardnya bisa dilihat di sini).
Kita andaikan kotak ini adalah badan karakter, sekarang kita membuat
tangannya. Tekan angka 1 pada numpad keyboard untuk menampilkan kotak dari
depan, dan geser sudut pandang ke kanan untuk menampilkan sisi kanan
kotak.
- Klik CTRL+R untuk
membuat edge/garis/pertambahan vertex di tengah-tengah kotak. Akan muncul
garis berwarna merah muda, klik mouse untuk menetapkan posisi garisnya.
Akan muncul garis berwarna oranye yang mengikuti gerakan mouse, klik lagi
untuk menetapkan posisinya. (Klik CTRL+Z untuk undo
dan CTRL+SHIFT+Z untuk redo)
- Klik Face
Select agar bisa mengklik bidang sisi kotak. Klik kotak bagian
atas, klik E untuk Extrude, kemudian klik kanan untuk
mencegahnya bergerak kemana-mana (TU sudah mengedit pengaturan mouse
menjadi klik Kiri pada User Preferences). Geser panah berwarna
merah hingga kotak bergeser keluar seperti pada gambar.
- Lakukan ekstrude 2x lagi
untuk membuat gambaran tangan. Nah sampai sini kita sudah membuat dasar
tangan karakter sebelah kanan. Kita akan membuat yang kiri tanpa mengedit
kotak secara manual. Yaitu dengan menggunakan modifer mirror.
Caranya yaitu tekan 1/Viewport Front, kemudian Z/Wireframe, tekan CTRL+R untuk membuat garis pada tengah-tengah kotak. Masuk ke mode Face Select lagi dan seleksi (tekan B) kotak sebelah kiri dan klik Del- Delete Face.
- Tekan Z lagi
untuk kembali ke mode Solid, sekarang kita bisa melihat kotak telah
bolong. Klik ikon tang (modifier) pada tab lanjur kanan halaman blender
dan pilih mirror.
- Putar kotak yang menjorok
keluar (R), dan resize (S) untuk sedikit mengingatkan diri
bahwa objek itu adalah tangan. Kalau sudah kita buat kakinya dengan
mengekstrude salah satu kotak yang ada di bagian bawah.
- Ekstrude juga sisi kotak bagian atas untuk membuat kepala.
- Jika ingin memperhalus model
bisa menambah edge/menggerakkan vertikel dengan masuk ke mode Vertikel
Select. Atau beri modifier subdivision surface.
Klik Tab untuk keluar dari edit mode dan melihat sejenak hasilnya. Sekarang tinggal dimodifikasi sendiri.
Pemberian Material/Warna
Pada edit mode,
seleksi bagian yang ingin diberi warna (klik dan tekan SHIFT/CTRL untuk
menyeleksi lebih banyak bagian). Kemudian klik material > Add
a new material slot > Klik Difuse untuk memberi
warna.
Untuk mewarnai bagian kotak yang lain
caranya juga sama, diseleksi kemudian beri material baru.
Tekan angka 0 pada numpad dan klik render jika ingin merender hasil gambarnya.
Tekan angka 0 pada numpad dan klik render jika ingin merender hasil gambarnya.
Di bawah ini dan tutorial di atas
hanyalah contoh untuk karakter yang sangat sederhana sekali. Tentunya pembaca bisa
memodifikasi hingga lebih bagus.
2 MEMBUAT ANIMASI ROBOT BERJALAN MENGGUNAKAN BLENDER
Kali ini saya akan menjelaskan langkah –langkah dalam
membuat “Animasi Robot Berjalan” dengan menggunakan aplikasi blender yang saya
dapatkan dari youtube
Aplikasi Blender adalah aplikasi yang digunakan dalam
pembuatan grafika Komputer 2D/3D terutama dalam pembuatan animasi.
Berikut langkah-langkah pembuatannya :
- Buka
aplikasi blender, berikut tampilan awal project :
- Pada
tampilan awal terlihat cube/ kubus, di sini cube akan menjadi kepala dari
robot
- Selanjutnya
kita akan membuat badan robot, tarik kubus ke atas serah sumbu z, masuk ke
edit mode dan masuk ke face selection kemudian seleksi bagian bawah pada
cube, Tekan E untuk tarik bagian yang terseleksi kedalam dan S untuk
ukurannya, kemudian tekan E lagi dan tarik keluar sehingga terlihat
seperti gambar berikut :
- Sekarang
kita akan membuat bagian tangan dan kaki pada robot, kita bagi dulu bagian
pada tangan dan kaki dengan cara CTRL + R dan Scroll ke atas/ bawah,
setelah terbentuik bagian-bagian kita seleksi bagian yang akan dibuat,
tekan E tarik kedalam kemudian E lagi tarik keluar sehingga terlihat
seperti gambar di bawah ini :
- Selanjutnya
kita akan membuat mata pada robot, tekan Shift + A pilih Metaball dan
pilih ball kemudian atur letaknya pada robot.
- Sekarang
kita akan membuat tulang agar robot bisa digerakkan, tekan Shif + A pilih
Armature dan pilih Single Bone, Kemudian duplikat bone,dan atur letaknya
di dalam object dan sesuaikan dengan bentuk object, agar bone terlihat
ceklis X ray pada Object data, Sehingga terlihat seperti gambar :
- Langkah
selanjutnya adalah menggabungkan tulang-tulangnya, seleksi objek kemudian
tekan Shift +E , setelah itu seleksi tulangnya CTRL + P dan pilih Armeture
Deform.
- Setelah
Objek dan tulang bergabung kita akan coba menggerakkan tangan objek, tapi
sebelumnya kita seleksi tulang tangan pada Pose Mode, setelah itu CTRL + P
dan pilih Armeture Deform, kemudian tekan R dan gerakkan tangan, jika
berhasil objek tangan akan mengikuti gerakan tulang seperti gambar :
- Langkah
selanjutnya adalah mewarnai objek, kita akan memberi warna pada hijau
object tapi sebelumnya kita seleksi dulu object menjadi face ,kemudian
pilih material, new material dan pilih warna, hasilnya seperti gambar di
bawah ini :
- Selanjutnya
kita akan membuat objek bergerak, buat objek seperti berjalan kemudian
atur framenya di dopesheet kemudian jalankan, hasilnya seperti gambar di
bawah ini :
Sumber :
https://harvinbilqisthy.wordpress.com/2015/10/30/membuat-animasi-robot-berjalan-menggunakan-blender/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar